Rahasia Orang Sukses

22
Agu 2022
Category : Artikel Bisnis
Penulis : Clothink
View : 84x

Ketika membaca atau mendengar profil orang sukses, pernah ga sih kamu penasaran apa rahasia di balik kesuksesan mereka? Jawaban yang umumnya muncul adalah ia seorang pekerja keras, berpendidikan, memiliki banyak usaha, punya modal besar, dan sebagainya. Tetapi, apakah benar demikian?

Kalau rahasia untuk bisa sukses itu adalah bekerja keras. Bukankah seharusnya para buruh pabrik, tukang becak, mereka lah yang lebih berhak untuk sukses? Sepertinya “tidak”, karena banyak juga di antara mereka yang sudah bekerja keras siang dan malam tetapi kesejahteraannya tidak meningkat hingga akhir hidupnya.

Kalau rahasia untuk bisa sukses itu berpendidikan. Bukankah seharusnya orang yang kuliah sampai luar negeri, juara olimpiade, para ilmuwan, mereka lah yang kita sebut orang paling sukses? Sepertinya “tidak” juga, karena banyak juga kita temukan orang yang pintar di pendidikan formal, tetapi di luar sekolah/kampus ia harus struggling menghadapi kerasnya kehidupan.

Kalau rahasia orang sukses itu memiliki usaha. Bukankah seharusnya banyak pemilik UMKM yang saat ini sudah menjadi direktur atau komisaris di perusahaan besar miliknya? Sepertinya “tidak”, karena banyak pemilik UMKM yang saat ini mati-matian untuk sekedar survive menjalankan usahanya.

Kalau rahasia orang sukses itu mempunyai modal yang besar. Bukankah anak orang kaya otomatis akan menjadi orang sukses? Sepertinya juga “tidak”, karena ada juga anak orang kaya yang lalu menjadi miskin, dikarenakan ia tidak pandai mengelola warisan kekayaan dari orang tuanya.

Baca Juga : Logo Baru, Visi Baru, Semangat Baru!

Lalu, apa rahasia orang sukses?

Jawaban yang paling tepat dari rasa penasaran saya mengenai rahasia orang sukses adalah, “tidak tahu”. Ya, tidak ada yang tahu dengan pasti mengapa seseorang bisa sukses. Termasuk orang (yang kita sebut) sukses itu sendiri. Ada banyak sekali faktor yang melatarbelakangi seseorang untuk bisa sukses, dalam bidang apapun.

Yang bisa kita lakukan adalah kita meniru karakter, sikap, kebiasaan, atau lebih tepatnya pola, yang umumnya orang-orang sukses lakukan. Seperti kata pepatah, bahwa kegagalan itu memiliki pola, begitu juga dengan kesuksesan. Meskipun sekali lagi, pola inipun tidak menjamin seseorang untuk bisa auto sukses.

Tetapi, jika kita tidak memiliki pola yang dimiliki oleh orang-orang sukses, bukankah artinya kita lebih dekat dengan kegagalan daripada kesuksesan?

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar